Sunday, November 18, 2007

Carilah yang baik maka kamu akan hidup

Renungan ini dikutip dari kebaktian Minggu di greja HKBP Perumnas 2 Bekasi, yang diambil dari Amos 5, 14-17;

5:14 Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan.
5:15 Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan di pintu gerbang; mungkin TUHAN, Allah semesta alam, akan mengasihani sisa-sisa keturunan Yusuf.
5:16 Sesungguhnya, beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam, Tuhanku: "Di segala tanah lapang akan ada ratapan dan di segala lorong orang akan berkata: Wahai! Wahai! Petani dipanggil untuk berkabung dan orang-orang yang pandai meratap untuk mengadakan ratapan.
5:17 Dan di segala kebun anggur akan ada ratapan, apabila Aku berjalan dari tengah-tengahmu," firman TUHAN.

Perkara hidup bukanlah sesuatu yang gampang, demi hidup kita bekerja siang dan malam, mempertaruhkan seluruh kemampuan, baik pikiran, tenaga dan waktu, Bahkan acapkali manusia menjadi objek untuk mencari sesuatu dan bukan merupakan subjek, sehingga manusia menjadi kehilangan kemanusiaannya. Ketika kemanusiaan itu hilang, maka potensi untuk melakukan hal hal yang jahat terbuka lebar, sehingga manusia itu kehilangan tujuan dan bahkan kehilangan hidup.

Firman berkata; carilah yang baik, dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup. Mencari yang baik berarti mencari hidup, menemukan yang baik berarti menemukan hidup. Barang siapa yang mencari hidup berarti mencari baik, dan barang siapa menemukan yang baik, berarti menemukan kehidupan. Yang dimaksudkan dengan baik disini bukanlah hasil rumusan logika manusia sebagai kebenaran relative, tetapi adalah Allah sendiri sebagai kebenaran absolut. Dengan demikian orang yang mencari hidup adalah orang yang mencari Tuhan dan orang yang menemukan Tuhan ialah orang yang menemukan hidup. Hidup tidak terpisahkan dari Tuhan bahkan Dialah hidup lestari sesungguhnya. Tuhan telah datang ketengah tengah dunia ini yang penuh dengan kehinaan dan kenajisan, serta telah menemukan manusia didalam ketidak berdayaan, oleh karena itu bencilah yang jahat dan cintailah yang baik, agar supaya kamu hidup.

Tuhan Yesus memberkati
Amin

0 comments: